Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76673
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIrvan, Muhtadi-
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk-
dc.contributor.authorTyastutik, Widyaning-
dc.date.accessioned2016-08-19T07:44:17Z-
dc.date.available2016-08-19T07:44:17Z-
dc.date.issued2016-08-19-
dc.identifier.nim120210204032-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76673-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Bulurejo Banyuwangi dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model skema Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan. Pelaksanaan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mata pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi berjalan lancar sesuai rencana yang telah dibuat peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil observasi pada pra siklus dalam kriteria cukup aktif dengan persentase 53,65%, meningkat menjadi kriteria aktif dengan persentase 70,21% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi kriteria sangat aktif dengan persentase sebesar 85,83% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil observasi pada pra siklus dalam kriteria cukup dengan skor 65, meningkat menjadi kriteria baik dengan skor 74,67 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi kriteria sangat baik dengan skor sebesar 82,87 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar kemampuan aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Saran untuk peneliti lain yaitu supaya penelitian ini dapat dijadikan sumber untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran yang sama dengan materi yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL SDN 2 BULUREJO BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Widyaning Tyastutik - 120210204032.pdf3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools