Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76667
Title: | APLIKASI PERMAINAN ENGKLEK BERCAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA INDRIA 1 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
Authors: | A. Lathif, Misno Agustiningsih FAUZI, Ujang |
Keywords: | PERMAINAN ENGKLEK BERCAHAYA MOTORIK KASAR ANAK |
Issue Date: | 19-Aug-2016 |
Abstract: | Dunia anak adalah dunia bermain dengan bermain seluruh aspek perkembangan akan berkembang dengan optimal, kemampuan yang dapat dioptimalkan dan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan pada Taman Kanak-kanak adalah kemampuan motorik Kasar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di TK Dharma Indria 1 ditemukan bahwa kemampuan motorik kasar anak masih rendah. Rendahnya Kemampuan motorik kasar anak disebabkan oleh kegiatan pengembangan kemampuan motorik kasar yang dilakukan kurang bervariasi dan lebih mengutamakan kemampuan kognitif saja, yaitu berpusat pada kegiatan membaca, menulis dan berhitung dengan menggunakan LKS. Hanya 7 anak yang kemampuan motorik kasarnya berkembang dengan baik dari 30 anak, sedangkan sisanya 23 anak lainnya masih belum berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya kegiatan pembelajaran yang menerapkan kegiatan bermain dengan menggunakan permainan tradisional untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar, kegiatan yang dimaksud yaitu aplikasi permainan engklek bercahaya. Melalui aplikasi permainan engklek bercahaya diharapkan kemampuan motorik kasar anak akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan permainan engklek bercahaya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan permainan engklek bercahaya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui permainan engklek bercahaya di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Aplikasi permainan engklek bercahaya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanaya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui aplikasi permainan engklek bercahaya dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata pada pra siklus 41,25 siklus I 65,52, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,74. Saran untuk guru: (1) hendaknya melakukan variasi kegiatan dalam pembelajaran motorik kasar; dan (2) hendaknya mencoba melakukan kegiatan permainan tradisional agar anak lebih tertarik dalam pembelajaran dan permainan tradisonal dikenali dan dimainkan kembali oleh anak sehingga permainan tradisional tidak punah. Saran untuk sekolah: (1) hendaknya menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam melakukan kegiatan pembelajarn dengan menggunakan media permainan tradisional agar seluruh aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan optimal. Saran untuk anak, (1) kembangkan kreativitas dan kemampuan motorikmu melalui permainan tradisional. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76667 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ujang Fauzi -1.pdf | 1.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools