Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76647
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 05
Authors: Sunardi
Susanto
Nurhayati, Utari
Keywords: Model Pembelajaran van Hiele
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 18-Aug-2016
Abstract: Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V, diketahui bahwa pembelajaran yang sering dilakukan adalah pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan tanpa menggunakan media, jika menggunakan media itupun hanya media yang sifatnya satu arah sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rata-rata nilai ujian matematika akhir semester 1 siswa kelas V adalah 29,8, hal ini terbukti bahwa 20 siswa nilainya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 62. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran van Hiele untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3 yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran van Hiele untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan sifat-sifat kesebangunan dan simetri siswa kelas V SDN Jember Lor 05? (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran van Hiele pokok bahasan sifat-sifat kesebangunan dan simetri siswa kelas V SDN Jember Lor 5? dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran van Hiele pokok bahasan sifat-sifat kesebangunan dan simetri siswa kelas V SDN Jember Lor 5? Pengambilan data dilakukan di SDN Jember Lor tanggal 10-25 Februari 2016 yang terdiri atas 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins. Dalam penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 22 siswa, yang terdiri dari 14 siswa lai-laki dan 8 siswa perempuan. Penerapan model pembelajaran van Hiele pada pokok bahasan sifat-sifat kesebangunan dan simetri pada kelas V SDN Jember Lor 05 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran van Hiele terdiri dari 5 fase yang dilakukan secara berurutan. Fase 1 (informasi), siswa mengamati beberapa pasangan bangun datar sebangun dan tidak sebangun yang ditunjukkan oleh guru. Fase 2 (orientasi terarah), siswa mengerjakan tugas kelompok.. Fase 3 (orientasi bebas), siswa menceritakan apa yang sudah didapat pada fase sebelumnya. Fase 4 (orientasi bebas), siswa mengerjakan tugas individu. Fase 5 (integrasi), siswa membuat kesimpulan secara lisan tentang materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 58,57% dan mengalami peningkatan sebesar 15,52% menjadi 74,09% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,28% mengalami peningkatan sebesar 7,99% menjadi 80,27% pada siklus II. Saran yang diberikan adalah hendaknya guru dapat mengoptimalkan seluruh aktivitas siswa dalam setiapa langkah pembelajaran dan dapat menggunakan madia yang bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran van Hiele terutama dalam memfasilitasi siswa dalam kegiatan kelompok yang akan dipresentasikan di depan kelas, sehingga tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran van Hiele lebih tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76647
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Utari Nurhayati - 120210204005.pdf2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools