Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76640
Title: INOVASI KEMASAN PRODUK PADA UD.SEGER WARAS KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER
Authors: Julianto, Didik Eko
Handini, Yuslinda Dwi
JANNAH, Miftahul
Keywords: INOVASI KEMASAN PRODUK
Issue Date: 18-Aug-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi kemasan produk pada UD. Seger Waras Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah UD. Seger Waras. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UD. Seger Waras dan beberapa konsumen serta pelanggan yang bersedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagianbagian yang lebih khusus dan terperinci. Hasil penelitian menerangkan bahwa UD. Seger Waras menerapkan inovasi yang berfokus pada inovasi kemasan produk jamu tradisional Seger Waras. Inovasi kemasan jamu Seger Waras dimulai pada tahun 1996 yaitu dua tahun setelah awal produksi. Ada dua jenis kemasan Jamu Seger Waras karena produk jamu memiliki dua jenis yaitu jamu berupa serbuk yang memakai plastik klip dan label atau kemasan luarnya memakai kertas kingstrit dan jamu dalam kapsul yang memakai toples plastic kecil dan pelabelan menggunakan kertas kringstrit juga. Material jamu tradisional yang awalnya hanya menggunakan plastic klip tanpa label, kemudian dikembangkan dengan menggunakan kemasan kertas kingstrit dengan pertimbangan bahan tahan terhadap minyak, air dan alasannya kenapa masih menggunakan kertas karena agar ramah lingkungan. UD. Seger Waras memiliki focus lebih pada inovasi di tiga unsure kemasan yaitu warna, material, dan typografi pada kemasan jamu tradisional Seger Waras. Typografi yang ditampilkan pada kemasanya itu merek perusahaan Seger Waras serta penataan merk produk, logo, khasiat kegunaan, keterangan produk, alamat dan sosial media. Inovasi kemasan yang dilakukan pada UD. Seger Waras bertujuan untuk memperbesar pasar target dengan menambahkan beberapa alamat sosial media untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memperbesar konsumsi. Tujuan tersebut terbukti berdampak terhadap pasar yaitu dengan adanya data penjualan yang meningkat setiap tahunnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76640
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Miftahul Jannah -1.pdf2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools