Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76636
Title: PERENCANAAN DERMAGA PELABUHAN MARINA BOOM KABUPATEN BANYUWANGI
Authors: SUYOSO, Hernu
NURTANTO, Dwi
PRATAMA, Yoga
Keywords: DERMAGA
MARINA BOOM
Issue Date: 18-Aug-2016
Series/Report no.: 121910301092;
Abstract: Pelabuhan marina adalah kawasan pelabuhan khusus yang disediakan untuk kapal pesiar, dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Pelabuhan Marina Boom terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Selama 2014, jumlah kedatangan kapal pesiar di Indonesia sejumlah 395 atau meningkat dibandingkan tahun 2013 sebanyak 309. Jumlah penumpang pun meningkat dari 159.578 orang pada tahun 2013 menjadi 216.640 orang pada tahun 2014. Namun hingga tahun 2014, Indonesia baru memiliki tiga pelabuhan besar yang memiliki pelayanan untuk pesiar yakni Benoa di Bali, Tanjung Perak di Surabaya, dan Tanjung Emas di Semarang. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendesign dermaga Pelabuhan Marina Boom Banyuwangi yang meliputi perencanaan fasilitas dermaga yang dibutuhkan, layout dermaga, dan perhitungan struktur atas maupun struktur bawah dermaga. Dari hasil analisis perhitungan didapatkan layout dermaga yang sesuai dengan kebutuhan kapal bersandar adalah dengan panjang 390 meter, lebar 34 meter dan elevasi dermaga 3,5 meter diatas permukaan air laut. Untuk fender yang dipakai adalah tipe Super Cone SCN 1400 E3.0. Sedangkan untuk boulder yang dipakai adalah tipe tee bolard dengan kapasitas 100 ton. Untuk komponen struktur atas menggunakan komponen precast dan cast in situ. Pelat yang direncanakan dengan tebal total 325 mm dengan rincian 200 mm merupakan pelat precast dan sisanya 125 mm adalah cast in situ. Dimensi untuk komponen balok yang direncanakan adalah 500 mm x 1000 mm dengan rincian 500 mm x 675 mm merupakan komponen precast dan sisanya 500 mm x 325 mm merupakan cast in situ. Dimensi untuk poer yang direncanakan adalah 1400 mm x 1400 mm x 1000 mm. Dimensi untuk komponen plank fender yang direncanakan adalah 3000 mm x 2500 mm x 500 mm. Dimensi untuk komponen temporary support yang direncanakan adalah 1900 mm x 1900 mm x 300 mm. Sedangkan untuk komponen struktur bawah menggunakan pondasi pipa baja JIS A5525 dengan mutu baja yang digunakan adalah BJ 37. Untuk menahan gaya aksial serta gaya lateral yang terjadi maka pondasi pipa baja yang digunakan adalah pipa baja dengan diameter luar 1016 mm dengan ketebalan 19 mm dan kedalaman pemancangan 9 meter dibawah seabed.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76636
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yoga Pratama - 121910301092 -1.pdf2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools