Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76614
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Rahayu | - |
dc.contributor.advisor | Fitriyah, Chumi Zahroul | - |
dc.contributor.author | Khotimah, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2016-08-18T03:23:56Z | - |
dc.date.available | 2016-08-18T03:23:56Z | - |
dc.date.issued | 2016-08-18 | - |
dc.identifier.nim | 120210204157 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76614 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian skor rata-rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 54,87% meningkat pada siklus I sebesar 72,30% meningkat lagi menjadi 81,79% pada siklus II. Artinya aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,43%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,49%. Ratarata hasil belajar siswa secara klasikal pra siklus sebesar 56,34 meningkat menjadi 70,81pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 80,69 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS Materi permasalahan sosialdi SDN Tegal Gede 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan Berbasis Masalah (PBL) berbantuan media videodapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) | en_US |
dc.subject | Media Video | en_US |
dc.subject | Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN TEGAL GEDE 01 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Khotimah - 120210204157.pdf | 3.27 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools