Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76592
Title: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN POCANGAN I JEMBER
Authors: Rahayu
Zahroul F., Chumi
PURNAMASARI, NOVIKA
Keywords: Project Based Learning
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Issue Date: 18-Aug-2016
Abstract: Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil observasi awal, wawancara, dan dokumen yang dilakukan peneliti di SDN Pocangan 1 Jember diketahui bahwa Aktivtas dan hasil belajar masih tergolong rendah. Siswa cenderung pasif dengan hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru. Interaksi dalam kelas hanya terbatas satu arah yakni antara guru ke siswa sehingga pembelajaran kurang bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model Project Based Learning. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Pocangan 1 Jember dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai skor 61 dari skor maksimal 100 dan hasil belajar mencapai skor 70 dari skor maksimal 100. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus tertinggi berada pada indikator siswa mengajukan pertanyaan drngan skor 48,7 (kriteria cukup aktif). Aktivitas belajar siswa pada siklus I tertinggi berada pada indikator siswa membuat laporan perencanaan proyek dengan skor 72,2 (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II tertinggi berada pada indikator siswa membuat proyek dengan skor 84,7 (kriteria sangat aktif). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 36,4 (kriteria kurang aktif) meningkat menjadi 58,6 (kriteria cukup aktif) pada siklus I, begitu juga pada siklus I ke siklus II dari 58,6 (kriteria cukup aktif) meningkat menjadi 74,4 (kriteria aktif) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 67. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 59,1 (kriteria kurang) meningkat pada siklus I menjadi 63,4 (kriteria cukup baik) dan pada siklus II juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 75,1 (kriteria baik) Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model Project Based Learning bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan sebagai bahan masukan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal serta pembelajaran menjadi bermakna.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76592
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NOVIKA PURNAMASARI - 120210204105.pdf2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools