Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76538
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSihono-
dc.contributor.advisorRahayu-
dc.contributor.authorWidariyati, Iga Ayu-
dc.date.accessioned2016-08-16T04:06:09Z-
dc.date.available2016-08-16T04:06:09Z-
dc.date.issued2016-08-16-
dc.identifier.issn120210204088-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76538-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor selama ยฑ3 bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Kertosari 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah nilai ulangan siswa kelas VA dan VB. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga ๐‘ก0 = 0,502 selanjutnya harga ๐‘ก0 dikonsultasikan dengan harga ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ , diketahui ๐‘‘๐‘ = 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,013. Nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,013 dan nilai ๐‘ก0 = 0,502 maka ๐‘ก0 < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 0,502< 2,013. Tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Langkah selanjutnya pengundian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 14,9130 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol sebesar 9,0000. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS diperoleh harga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 2,720 dikonsultasikan dengan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dengan db= 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,013. Analisis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 2,720> 2,013 jadi hipotesis nihil (๐ป0) ditolak dan hipotesis alternatif (๐ป๐‘Ž ) diterima. Hasil ER sebesar 49,45% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas VA yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) menunjukkan hasil lebih efektif 49,45% dibandingkan dengan kelas VB yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jadi kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di SDN Kertosari 01 Jember. Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) disarankan bagi guru dan bagi pihak sekolah, digunakan sebagai bahan pertimbangan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), bagi peneliti, mengetahui ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar, bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau referensi untuk mengadakan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas Ven_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPSPOKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI SDN KERTOSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iga Ayu Widariyati - 120210204088.pdf1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools