Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76516
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahayu-
dc.contributor.advisorChumi Zahroul-
dc.contributor.authorYonika-
dc.contributor.authorRahayu-
dc.contributor.authorChumi Zahroul-
dc.date.accessioned2016-08-16T02:27:47Z-
dc.date.available2016-08-16T02:27:47Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76516-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Antirogo 04 Jember semester II tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan pergerakan nasional dan sumpah pemuda melalui model cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 39 siswa yang terdiri atas 24 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Antirogo 04 Jember. Skor rata-rata motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 48 menjadi 65 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 80. Skor rata-rata hasil belajar siswa pra siklus sebesar 55 menjadi 62 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 73.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel cooperative learning tipe jigsaw , motivasi belajar, hasil belajar.en_US
dc.titlePenerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Pergerakan Nasional dan Sumpah Pemuda di SDN Antirogo 04 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YONIKA.odt269.28 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.