Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76515
Title: | KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER |
Authors: | Arju Mutiah Furoidatul Husniah Yesy Anastasio Volta Arju Mutiah Furoidatul Husniah |
Keywords: | kemampuan menulis, teks eksposisi |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan beberapa keterampilan yang cukup kompleks dan sulit. Seseorang dapat dikatakan telah mampu menulis dengan baik, jika dapat mengungkapkan maksudnya dengan jelas sehingga orang lain dapat memahami apa yang diungkapkannya. Salah satu materi menulis yang diajarkan dan perlu dikuasai siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember yaitu teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dengan aspek penilaian meliputi: struktur teks, aspek kebahasaan, dan penggunaan ejaan. Data dalam penelitian ini berupa nilai teks eksposisi siswa yang disusun berdasarkan tayangan video dengan tema kegiatan pramuka dan informasi yang terdapat dalam angket. Sumber data penelitian ini yakni siswa dan teks eksposisi yang ditulisnya. Hasil penelitian ini adalah siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menulis teks eksposisi dengan skor rata – rata yang diperoleh 75,342 sedangkan kategori kemampuan peraspek adalah sebagai berikut: struktur teks berkategori baik, aspek kebahasaan berkategori baik dan penggunaan ejaan berkategori cukup. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember memiliki kemampuan yang baik dalam menulis teks eksposisi dengan aspek yang sudah ditentukan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76515 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YESY ANASTASIO VOLTA.odt | 248.68 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.