Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76493
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMisno A. Lathif-
dc.contributor.advisorSyarifuddin-
dc.contributor.authorWahidah Desy Nur'aini-
dc.contributor.authorMisno A. Lathif-
dc.contributor.authorSyarifuddin-
dc.date.accessioned2016-08-16T01:21:24Z-
dc.date.available2016-08-16T01:21:24Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76493-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi, sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu menerapkan kegiatan menggunting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A2 TK Bina Anaprasa NURIS Jember dengan jumlah anak 24 yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterampilan motorik halus anak kelompok A2 melalui kegiatan menggunting mengalami peningkatan dengan kualifikasi Sangat Baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 54,1, siklus I 64,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan motorik halus, kegiatan menggunting, penelitian tindakan kelasen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Kelompok A2 Melalui Kegiatan Menggunting di TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WAHIDAH DESY NUR'AINI.odt272.68 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.