Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76478
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuriman-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorDandiansyah, Ferio-
dc.date.accessioned2016-08-15T08:49:48Z-
dc.date.available2016-08-15T08:49:48Z-
dc.date.issued2016-08-15-
dc.identifier.nim120210204057-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76478-
dc.description.abstractPemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPA sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Sumbersari 03 Jember diketahui bahwa proses pembelajaran IPA berlangsung satu arah, interaksi berpusat pada guru dan aktivitas belajar siswa masih berada pada kriteria kurang aktif. Banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan cenderung tidak berani mengajukan pertanyaan apabila ada yang belum dimengerti. Kondisi tersebut berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari hasil ulangan harian yang diperoleh dari wali kelas, hanya 27,3% atau 9 siswa dari 33 siswa yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi dengan menerapkan metode eksperimen di kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapkan metode eksperimen di kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016 dengan total 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa lakilaki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas dan hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus 1 persentase rata – rata aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 65,4% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus 2 persentase rata – rata aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 79,1% dengan kategori aktif, mengalami peningkatan sebesar 13,7% dari siklus 1. Rata – rata skor hasil belajar siswa juga yang terjadi peningkatan. Pada siklus 1 skor rata – rata hasil belajar siswa sebesar 71,5 dengan kategori baik. Pada siklus 2 skor rata – rata hasil belajar siswa sebesar 77,1 dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 5,6 dari skor hasil belajar siklus 1. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA yaitu diharapkan guru menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tema benda-benda di lingkungan sekitar agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Guru juga hendaknya memotivasi siswa agar memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya, selain itu sekolah juga hendaknya memfasilitasi dan menyediakan alat bantu, media dan bahan pembelajaran yang mendukung KBM.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectPenerapan Metode Eksperimen di kelas IVen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ferio Dandiansyah - 120210204057.pdf2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools