Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76452
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Imam Muchtar | - |
dc.contributor.advisor | Sihono | - |
dc.contributor.author | Shinta Wedari | - |
dc.contributor.author | Imam Muchtar | - |
dc.contributor.author | Sihono | - |
dc.date.accessioned | 2016-08-15T03:16:55Z | - |
dc.date.available | 2016-08-15T03:16:55Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76452 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Teknik Mind Map Tema Indahnya Negeriku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tiindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa, terdiri atas 8 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Skor aktivitas belajar diperoleh menggunakan instrumen observasi dan skor tes hasil belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Teknik Mind Map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema indahnya negeriku siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 tahun ajaran 2015/2016. Skor rata-rata aktivitas belajar pada pra siklus sebesar 44,5 dengan kategori kurang aktif, pada tahap siklus I meningkat sebesar 68, 64 dengan kategori aktif dan pada tahap siklus II meningkat sebesar 83,6 dengan kategori sangat aktif. Sementara untuk hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 58,2 kategori kurang baik, pada siklus I meningkat menjadi 73,65 kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 80 kategori sangat baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran kooperatif, time token, teknik mind map, aktivitas belajar, hasil belajar | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indanhnya Negeriku Di SDN Kebonsari 05 | en_US |
dc.type | Student Paper | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SHINTA WEDARI.odt | 261.19 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.