Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76447
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku di SDN Kebonsari 01 Jember
Authors: Imam Muchtar
Chumi Zahroul Fitriyah
Serly Ayu Sayektie
Imam Muchtar
Chumi Zahroul Fitriyah
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, aktivitas belajar, hasil belajar.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Pembelajaran tematik integratif bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai serta pemikiran yang kreatif. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih dalam kriteria cukup. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match yaitu model pembelajaran mencocokan kartu soal dengan kartu jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pra siklus 48,55%, siklus I 71,44% dan siklus II 92,36%. Hasil belajar afektif siswa pra siklus 60,03%, siklus I 77,13%, dan siklusĀ  II 85,69%. Hasil belajar kognitif siswa pra siklus 64,73%,siklus I 73,15%, dan siklus II 83,10%. Hasil belajar psikomotorik siswa pra siklus 65,39%,siklus I 71,38%, dan siklus II 85,85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A di SDN Kebonsari 01 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76447
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SERLY AYU SAYEKTIE.odt271.09 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.