Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76445
Title: Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 07 Jember
Authors: Robbi Cahyadi
Keywords: Model Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dengan menitikberatkan pada penggunaan metode ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitianDengan mendasarkan pada langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diantaranya adalah (1) mengidendifikasi masalah, (2) melibatkan usaha guru dalam membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah, (3) peserta didik dibantu untuk memilih metode yang tepat untuk memecahkan masalah, dan (4) guru mendorong peserta didik untuk menilai validitas solusi (Jacobsen dalam Yamin, 2013: 64). Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember mengalami peningkatan. Skor rata-rata kemampuan siswa pada siklus I ialah 2,67 sedangkan pada siklus II adalah 2,76. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan dan hasil belajar siswa di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76445
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROBBI CAHYADI.odt263.85 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.