Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76434
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHari Satrijono-
dc.contributor.advisorNanik Yuliati-
dc.contributor.authorRiris Wahyu Ciptaningsari-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.contributor.authorNanik Yuliati-
dc.date.accessioned2016-08-15T01:41:27Z-
dc.date.available2016-08-15T01:41:27Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76434-
dc.description.abstractKonstruktivisme merupakan landasn berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun sendii oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Pendekatan konstruktivisme dipilih untuk mengatasi permasalahan keterampilan berbicara terutama keruntutan, kelancaran, dan keberanian dalam mengomentari persoalan faktual karena, pendektaan konstruktivisme pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil tes dalam penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme, keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 7 poin sehingga menjadi 66 dan ada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 8 point dari siklus I, sehingga rata-rata menjadi 74. Sementara itu, skor untuk setiap aspek juga meningkat dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme, keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan konstruktivisme, keterampilan berbicara, penelitian tindakan kelas.en_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIRIS WAHYU CIPTANINGSARI.odt260.14 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.