Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76426
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Siswa Kelas V di SD Kartika IX – 1 Jember Tahun Ajaran 2015/2016 |
Authors: | Nuriman Mutrofin Pungki Tri Asmoro Nuriman Mutrofin |
Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Quantum Teaching |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Kartika IX – 1 Jember melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran IPA pokok bahasan Penyesuaian diri mahluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins berbentuk spiral yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kartika IX – 1 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 terdiri atas 9 siswi perempuan dan 18 siswa laki-laki. Skor motivasi belajar diperoleh menggunakan instrumen angket dan skor tes hasil belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD kartika IX – 1 Jember tahun ajaran 2015/2016, pada akhir siklus I skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 86,57. Pada akhir siklus II skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 88,33. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Skor tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 79,18, sedangkan skor tes hasil belajar pada siklus II 79,37. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76426 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PUNGKI TRI ASMORO.odt | 304.54 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.