Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76400
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT DI KELOMPOK A TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Authors: Khutobah
Yulianti, Nanik
Setiyowati, Susi
Keywords: MOTORIK HALUS
KEGIATAN MELIPAT
Issue Date: 11-Aug-2016
Abstract: Kemampuan motorik halus anak yaitu kemampuan anak untuk menggerakkan jemari tangan dan pergelangan tangan yang disertai koordinasi mata untuk melakukan suatu kegiatan. Kemampuan motorik halus ini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari anak karena berhubungan dengan gerak anak. Sesuai dengan tahap perkembangan motorik halus anak usia >4-5 tahun anak mampu menempel, menyusun puzzle, mencoblos kertas dengan pensil dan spidol, mewarnai dengan rapi, mengancingkan baju, menggambar dengan gerakan naik turun (gunung atau bukit), menarik garis lurus, lengkung dan miring, melempar dan menangkap bola dan melipat kertas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, dapat diketahui bahwa kemampuan motorik halusnya rendah, melipat memang sudah diterapkan pada pembelajaran namun pembelajaran masih belum optimal sehingga hasilnya tidak maksimal. Hal ini menyebabkan dari 20 anak hanya 7 anak yang berkembang dengan optimal, sedangkan 13 anak belum berkembang dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan dengan menggunakan kegiatan melipat yang lebih menarik untuk anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan melipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A melalui kegiatan Melipat diTK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan kegiatan melipat dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui kegiatan melipat. Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian dalam penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian oleh Arikunto. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru yaitu hendaknya guru menggunakan kertas lipat yang mudah digunakan untuk anak melipat serta menggunakan media kertas yang lebih bervariasi. Bagi kepala sekolah, sebaiknya hasil penelitian ini diinformasikan kepada guru-guru lain untuk dijadikan variasi dalam pembelajaran melipat serta menyarankan kepada guru untuk menggunakan variasi kegiatan yang lebih menarik dalam proses pembelajaran. Saran bagi peneliti lain yaitu penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76400
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Susi Setiyowati -1.pdf1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools