Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76397
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLathif, Misno-
dc.contributor.advisorKhutobah-
dc.contributor.authorSULISTIYORINI-
dc.date.accessioned2016-08-11T08:18:31Z-
dc.date.available2016-08-11T08:18:31Z-
dc.date.issued2016-08-11-
dc.identifier.nim120210205044-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76397-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa perkembangan sosial dan emosional anak rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pengembangan sosial dan emosional menggunakan metode yang kurang bervariasi. Hanya 56,9% anak yang memiliki perkembangan sosial sesuai kriteria dan 54,5% anak yang memiliki perkembangan emosi sesuai kriteria. Selain itu, anak-anak kurang dapat mengembangkan kasih sayang terhadap sesama teman, sikap percaya diri, rasa tanggung jawab, dan disiplin. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perlu adanya variasi metode pembelajaran dalam perkembangan sosial dan emosional, metode yang dimaksud yaitu metode bermain peran. Melalui metode bermain peran diharapkan perkembangan sosial dan emosional anak akan meningkat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan metode berman peran dalam meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; 2) Bagaimanakah meningkatkan perkembangan sosial anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 3) Bagaimanakah meningkatkan perkembangan emosional anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode bermain peran dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A TK Asy-Syafa’ah Jember; 2) Meningkatkan perkembangan sosial melalui penerapan metode bermain peran pada anak kelompok A TK Asy-Syafa’ah Jember; dan 3)en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerkembangan Sosial dan Emosional Anaken_US
dc.subjectBermain Peranen_US
dc.titlePENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ASY-SYAFA’AH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sulistiyorini - 120210205044-1.pdf1.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools