Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76359
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | IRVAN, Muhtadi | - |
dc.contributor.advisor | RAHAYU | - |
dc.contributor.author | ALI, Zahrotul Mufidah | - |
dc.date.accessioned | 2016-08-11T02:50:48Z | - |
dc.date.available | 2016-08-11T02:50:48Z | - |
dc.date.issued | 2016-08-11 | - |
dc.identifier.nim | NIM120210204058 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76359 | - |
dc.description.abstract | Hasil penelitian yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Tegalgede 02 Jember meningkat dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi. Skor rata-rata klasikal motivasi belajar siswa pada siklus 1 belum mengalami peningkatan kriteria, hanya terjadi peningkatan skor dari pra siklus sebesar 16 dari 52 (cukup) menjadi 68 (cukup). Pada siklus 2 motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 9 dari 68 (cukup) menjadi 77 (tinggi). Skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa pada siklus 1 belum mengalami peningkatan kriteria, hanya terjadi peningkatan skor dari pra siklus sebesar 7 dari 62 (cukup) menjadi 69 (cukup). Pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 7 dari 69 (cukup) menjadi 76 (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Tegalgede 02 Jember. Saran bagi guru, diharapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, sedangkan bagi peneliti selanjutnya yang akan menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT), agar mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan dalam penelitian dengan matang supaya memperoleh hasil yang maksimal. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210204058; | - |
dc.subject | MODEL COOPERATIVE LEARNING | en_US |
dc.subject | TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN TEGALGEDE 02 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Zahrotul Mufidah Ali - 120210204058-1.pdf | 3.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools