Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76351
Title: | KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER |
Authors: | MUTI'AH, Arju HUSNIAH, Furoidatul VOLTA, Yesy Anastasio |
Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI |
Issue Date: | 11-Aug-2016 |
Series/Report no.: | 100210402003; |
Abstract: | Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan rancangan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nilai yang diperoleh berdasarkan teks eksposisi yang dikerjakan oleh siswa. Sumber data penelitian ini yakni teks eksposisi yang ditulis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja siswa berupa perintah/tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tayangan berupa video tentang kegiatan pramuka. Metode analisis data terdiri atas lima proses kegiatan yaitu: (1) pengkoreksian, (2) penilaian, (3) perhitungan, dan (4) pengkualifikasian. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember dalam menulis teks eksposisi tergolong dalam kategori yang baik. Skor rata – rata yang diperoleh adalah 75. Dari 35 siswa yang berada di kelas tersebut, sebagian besar (34,5 %) memiliki kemampuan dalam kategori baik. Sementara selebihnya berkategori sangat baik (28,5 %), berkategori cukup (28,5 %) dan berkategori kurang (8,5 %). Skor rata – rata dalam aspek struktur adalah 46.6. Skor rata – rata dalam aspek kebahasaan: (a) penggunaan konjungsi adalah 7,342; (b) penggunaan kalimat tunggal dan kalimat majemuk adalah 7,771. Skor rata – rata dalam aspek ejaan: (a) penggunaan huruf kapital adalah 6,971; (b) penggunaan tanda baca adalah 6,828. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76351 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yesy Anastasio Volta - 100210402003-1.pdf | 2.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools