Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76346
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T-
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri-
dc.contributor.authorLorenza, Silvia-
dc.date.accessioned2016-08-11T02:26:57Z-
dc.date.available2016-08-11T02:26:57Z-
dc.date.issued2016-08-11-
dc.identifier.nim120210201022-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76346-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeahui adakah hubungan antara pengembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Manfaat penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan terkait permasalahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan purposive area yaitu di LKP Parcelia Kabupaten Jember dikarenakan peneliti memiliki beberapa pertimbangan–pertimbangan untuk memilih tempat tersebut. Responden dalam penelitian ini sebanyak 15 responden ditentukan dengan teknik populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang. Hasil perhitungan hubungan antara pengembangan kurikulum dan hasil belajar secara keseluruhan diperoleh nilai r hitung sebesar 0,739 dengan tingkat hubungan tinggi. Nilai ini lebih besar dari pada r tabelnya untuk N=15 adalah 0,506, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Perhitungan rincian tiap indikator adalah untuk indikator tujuan pembelajaran dengan nilai teori sebesar 0,619 dengan tingkat hubungan tinggi, untuk indikator tujuan pembelajaran dengan nilai praktik sebesar 0,571 dengan tingkat hubungan cukup, untuk indikator bahan ajar dengan nilai teori sebesar 0,616 dengan tingkat hubungan tinggi, untuk indikator bahan ajar dengan nilai praktik sebesar 0,427 dengan tingkat hubungan cukup, untuk indikator strategi pembelajaran dengan nilai teori sebesar 0,553 dengan tingkat hubungan cukup, sedangkan untuk indikator strategi pembelajaran dengan nilai praktik sebesar 0,450 dengan tingkat hubungan cukup Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengembangn kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Tingkat hubungan antara pengembangan kurikulum dan hasil belajar menunjukkan kriteria tinggi. Sedangkan untuk tiap indikator tingkat hubungannya tinggi dan cukup. Tingkat hubungan paling tinggi adalah hubungan antara tujuan pembelajaran dengan nilai teori peserta pelatihan hantaran level I, maka dari itu disarankan bagi instruktur atau pengelola lembaga untuk lebih mengembangkan tujuan pemblajara yang diberikan untuk meningatkan hasil belajar peserta pelatihan. Sedangkan tingkat hubungan paling rendah adalah hubungan antara bahan ajar dengan nilai praktik peserta pelatihan hantaran level I, maka dari itu disarankan bagi instruktur dan pihak lembaga untuk lebih mengembangkan dan menambah bahan ajar yang lebih sesuai dengan praktiknya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGEMBANGAN KURIKULUM HANTARANen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PENGEMBANGAN KURIKULUM HANTARAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN HANTARAN LEVEL I DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN PARCELIA KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Silvia Lorenza 120210201022-1.pdf4.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools