Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76341
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo-
dc.contributor.advisorHandayani, Rif’ati Dina-
dc.contributor.authorRahayu, Setiya-
dc.date.accessioned2016-08-11T02:18:14Z-
dc.date.available2016-08-11T02:18:14Z-
dc.date.issued2016-08-11-
dc.identifier.nim100210102043-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76341-
dc.description.abstractBangil merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Faktor geografi dan ekonomi menyebabkan kepadatan lalu lintas di wilayah Kecamatan Bangil cukup tinggi. Salah satu dampak dari lalu lintas padat adalah polusi suara atau kebisingan. Menurut KEP-48/ MENLH/ 1996 Tentang: Baku Tingkat Kebisingan bahwa kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan. Salah satu sektor lingkungan yang ikut terkena dampak kebisingan yakni sekolah. Hal ini dikarenakan beberapa sekolah di Bangil terletak dekat kawasan lalu lintas padat. Sekolah-sekolah yang berada di kawasan ini tentu akan terpapar bising lalu lintas dengan intensitas lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis tingkat bising lalu lintas di sekolah terpapar dan sekolah kontrol, (2) menganalisis tingkat kenyamanan belajar di sekolah terpapar dan sekolah kontrol, (3) menganalisis pengaruh tingkat kebisingan lalu lintas terhadap kenyamanan proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survei jenis kausal komparatif yang menggunakan pendekatan cross sectional dan desain korelasional. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sample, sehingga diperoleh dua sampel yakni sekolah terpapar (SMPN 3 Bangil) dan sekolah kontrol (MTsN Bangil). Data yang akan diambil dalam penelitian ini yaitu data tingkat kebisingan lalu lintas, tingkat kenyamanan belajar, dan arus kendaraan. Data tingkat kebisingan diukur menggunakan SLM, data tingkat kenyamanan diukur menggunakan kuesioner, dan data arus kendaraan diukur menggunakan counter dan stopwatch. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji komparasi dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTINGKAT KEBISINGAN LALU LINTASen_US
dc.subjectTINGKAT KENYAMANAN SISWAen_US
dc.subjectPEMBELAJARANen_US
dc.titlePENGARUH TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN SISWA SAAT PEMBELAJARAN DI SEKOLAH KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Bangil dan MTs Negeri Bangil)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Setiya Rahayu 100210102043-1.pdf2.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools