Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76314
Title: HUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2015/2016
Authors: SUNARDI
SETIAWAN, Toto’ Bara
MAGFUR, Moh. Hadi
Keywords: KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Issue Date: 11-Aug-2016
Series/Report no.: 120210101113;
Abstract: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis memiliki hubungan yang signifikan yang bersifat positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Balung tahun ajaran 2015/2016 sebagaimana yang digambarkan oleh model regresi ganda Y = 29,055 + 1,252X1 + 1,619X2. Peran kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis cukup tinggi yaitu 56,8% dibandingkan faktor-faktor lainnya. Selain dari model regresi, pengaruh dari kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa juga ditunjukkan dari hasil uji F. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 102,217 yang memiliki nilai lebih besar daripada Ftabel yaitu sebesar 3,06. Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan dari hasil uji t. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kemampuan numerik memiliki pengaruh sebesar 25,92% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 5,118 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Sedangkan kemampuan penalaran matematis, memiliki pengaruh sebesar 30,88% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 6,099 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Selain itu, kontribusi pengaruh dari masing-masing butir soal yang ada dalam tes kemampuan numerik dan tes kemampuan penalaran matematis juga memiliki perbedaan yang bervariasi. Untuk kemampuan numerik dari 20 butir soal terdapat 16 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk kemampuan penalaran matematis, dari 20 butir soal terdapat 17 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76314
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moh. Hadi Magfur - 120210101113 -1.pdf4.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools