Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76313
Title: | Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A1 dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Konstruktif di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016 |
Authors: | Misno A. Lathif Khutobah Niekken Arum Asmarani Khutobah Misno A. Lathif |
Keywords: | bermain konstruktif, kemampuan mengenal bentuk geometri. |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A1 TK Jember Permai 1, sehingga dibutuhkan suatu metode baru dalam penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode bermain konstruktif agar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A1 TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah sebanyak 19 anak, terdiri atas 12 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A1 TK Jember Permai 1 tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata kelas 82,90 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 92,10. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76313 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NIEKKEN ARUM ASMARANI.odt | 268.46 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.