Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76311
Title: | PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA “CITA-CITAKU” DI SDN KEBONSARI 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
Authors: | MUCHTAR, Imam SIHONO AIRLANGGA, Mochammad Suryadi |
Keywords: | MODEL COOPERATIVE LEARNING HASIL BELAJAR SISWA |
Issue Date: | 11-Aug-2016 |
Series/Report no.: | 120210204061; |
Abstract: | Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas siswa pada tahap prasiklus sebesar 61% (cukup aktif), meningkat 5% menjadi 66% (cukup aktif) pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18% menjadi 84% (aktif). Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 59 (kurang) meningkat sebesar 9 menjadi 68 (sedang/cukup) pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 14 menjadi 82 (sangat baik). Hasil belajar afektif siswa pada tahap prasiklus sebesar 59 (kurang) meningkat 6 menjadi 65 (sedang/cukup) pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 14 menjadi 79 (baik). Hasil belajar psikomotorik siswa pada tahap prasiklus sebesar 74 (baik) meningkat sebesar1 menjadi 75 (baik) pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8 menjadi 83 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember. Adapun saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagi guru: mampu menerapkan model cooperative learning berbantuan boneka tangan sehingga siswa bisa menjadi lebih aktif pada pembelajaran; 2) bagi pihak sekolah: agar hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada sekolah-sekolah lainsebagai alternatif model pembelajaran; 3) bagi peneliti: agar model cooperative learning berbantuan boneka tangan dapat diterapkan pada tema lain; 4) bagi peneliti berikutnya: agar mempersiapkan segalanya dengan matang supaya memperoleh hasil yang maksimal. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76311 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mochammad Suryadi Airlangga - 120210204061 -1.pdf | 5.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools