Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76292
Title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA SMP KELAS IX
Authors: Hobri
Setiawan, Toto’ Bara
Purwanti, Rini Kartika
Keywords: INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI
SOAL CERITA
BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Issue Date: 10-Aug-2016
Abstract: Inti dari konsep metakognisi adalah kemampuan seseorang dalam mengetahui apa yang dia ketahui dan bagaimana menggunakannya agar pengetahuan tersebut dapat bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kemampuan metakognisi oleh seseorang ternyata berpengaruh pada kemampuannya dalam memecahkan masalah matematika. Siswa yang menguasai metakognisi akan menjadi lebih berkemampuan dalam menghadapi permasalahan. Selain itu, metakognisi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menjadi lebih independen sebagai pebelajar.Karena alasan tersebut, metakognisi sangatlah penting dimiliki oleh siswa. Untuk itu diperlukan sebuah alat untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa sehingga pada akhirnya guru dapat mencari alternatif proses belajar yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Metakognisi dibagi menjadi 2 bagian utama yakni pengetahuan kognisi yang meliputi pengetahuan deklarasi, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional. Sedangkan satu bagian yang lain ialah pengaturan kognisi yang meliputi perencanaan, informasi pengaturan strategi, memonitor, pemeriksaan strategi, dan mengevaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dimana produk yang dihasilkan adalah sebuah instrumen penilaian untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Instrumen penilaian metakognisi terdiri dari 34 butir pernyataan yang digolongkan ke dalam metode penyelesaian menurut Polya. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dimana terdapat 5 serangkaian fase yang telah dilewati yakni fase infestigasi awal (tahap pendefinisian), fase desain (tahap perancangan), fase realisasi (tahap produksi), fase tes, evaluasi, dan revisi (tahap pertimbangan kualitas produk), dan yang terakhir fase implementasi (tahap pelaksanaan).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76292
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RINI KARTIKA Purwanti 110210101091-1.pdf8.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools