Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76270
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ONLINE BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Authors: Dafik
Fatahillah, Arif
Wahid, Nirfan Abdul
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ONLINE
SOFTWARE GEOGEBRA
MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Issue Date: 10-Aug-2016
Abstract: Kemajuan Teknologi dan Informasi telah membawa dampak yang sangat besar di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan dimanfaatkan sebagai salah satu alat bantu atau media yang digunakan dalam proses belajar mengajar atau dapat juga disebut sebagai media pembelajaran. Alat bantu atau media dalam proses belajar mengajar dimaksudkan untuk mempermudah penyampaian pesan, informasi, atau materi pelajaran kepada siswa. Contoh dari media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu pelaksanakan pembelajaran matematika adalah software komputer, salah satu software komputer yang dapat dan cocok digunakan adalah GeoGebra. GeoGebra adalah software matematika yang dikemas praktis dan mudah digunakan untuk pembelajaran dan pengajaran pada seluruh jenjang pendidikan. Oleh karana itu penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan GeoGebra dilakukan dan juga disajikan secara Online pada materi bangun ruang sisi datar. Dengan menggunakan bantuan software GeoGebra dalam pembelajaran pada materi bangun ruang diharapkan materi dapat tersampaikan secara jelas melalui visualisasi- visualisasi, animasi dan gerakan yang digunakan dan juga keterlibatan pengguna dalam prosesnya dapat meningkatkan pemahaman siswa. Proses dalam pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang menggunkan Model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan software GeoGebra pada materi bangun ruang menghasilkan sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi, validator memberikan nilai 0.84 untuk media pembelajaran ini yang mengkategorikan media ini dalam kategori sangat tinggi. Praktis secara teoritis ditunjukkan dari hasil validasi yang tinggi, sedangkan praktis secara praktek ditunjukkan dari presentase angket respon siswa yang memperoleh nilai 85% dan menjadikan media pembelajaran ini dalam kategori sangat baik. Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar siswa, dimana siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah sebanyak 85,7% dan melebihi kriteria minimal keefektifan media pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76270
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nirfan Abdul Wahid 120210101055-1.pdf3.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools