Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76265
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yuliati, Nanik | - |
dc.contributor.advisor | Latief, Misno A. | - |
dc.contributor.author | Purnamasari, Fikri Firda | - |
dc.date.accessioned | 2016-08-10T07:12:50Z | - |
dc.date.available | 2016-08-10T07:12:50Z | - |
dc.date.issued | 2016-08-10 | - |
dc.identifier.nim | 120210205049 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76265 | - |
dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan Penerapan Media balloon craft yang dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 di TK Bina Anaprasa Nuris, 2) meningkatan perkembangan sosial anak kelompok B1 melalui Penerapan Media balloon craft di TK Bina Anaprasa Nuris Jember, 3) meningkatan perkembangan emosional anak kelompok B melalui Penerapan Media balloon craft di TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Bina Anaprasa Nuris Jember yang berjumlah 20 anak terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Penerapan Media balloon craft dilakukan dengan membentuk 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 anak. Guru menjelaskan tahapan pembuatan balloon craft dan memberikan peraturan yang harus ditaati anak guru membagikan alat dan bahan secara bergantian sambil mengintruksikan untuk memulai kegiatan. Seorang anak bertugas memegang balon dan seorang anak lainnya memilih dan menempel pola. Balloon craft yang telah selesai diberi nama dan ditunjukkan di depan kelas. Penerapan Media pembelajaran menggunakan balloon craft dalam pembelajaran telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata perkembangan sosial anak prasiklus sebesar 60,4 (cukup baik) meningkat pada siklus 1 sebesar 74,6 (baik) dan pada siklus 2 sebesar 80,4 (baik). Peningkatan juga terjadi pada perkembangan emosional anak kelompok B1, nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59,2 (cukup baik), siklus 1 meningkat menjadi 77,1 (baik) dan siklus 2 sebesar 80,8 (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media balloon craft dalam pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK | en_US |
dc.subject | KELOMPOK B1 | en_US |
dc.subject | MEDIA BALLOON CRAFT | en_US |
dc.title | PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PENERAPAN MEDIA BALLOON CRAFT DI TK BINA ANAPRASA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Fikri Firda Purnamasari 120210205049-1.pdf | 2.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools