Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76256
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhutobah-
dc.contributor.advisorLathif, Misno A.-
dc.contributor.authorKinasih, Elmi Ajiami-
dc.date.accessioned2016-08-10T06:45:03Z-
dc.date.available2016-08-10T06:45:03Z-
dc.date.issued2016-08-10-
dc.identifier.nim120210205051-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76256-
dc.description.abstractKemampuan motorik halus memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Hasil belajar dalam kemampuan motorik halus anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yang dilakukan melalui beberapa kegiatan menunjukkan bahwa dari 22 anak, hanya 6 anak yang sudah mulai berkembang kemampuan motoriknya, dan sisanya sebanyak 16 anak kemampuan motorik halusnya masih rendah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan memfokuskan pembelajaran pada satu kegiatan saja, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses kegiatan menulis yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? ; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan menulis?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses kegiatan menulis yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka hasilnya diperoleh sebagai berikut: (1) Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilakukan melalui dua siklus. Siklus I guru memberikan contoh kepada anak cara menulis huruf dengan benar. Siklus II guru mengajak anak untuk mempraktikkan cara menulis huruf dengan benar; (2) Melalui kegiatan menulis kemampuan motorik halus anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 42,61, nilai rata- rata pada siklus I meningkat menjadi 68,46, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 81,81.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A2en_US
dc.subjectKEGIATAN MENULISen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A2 MELALUI KEGIATAN MENULIS DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Elmi Ajiami Kinasih 120210205051-1.pdf1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools