Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76204
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MUJI | - |
dc.contributor.advisor | HUSNIAH, Furoidatul | - |
dc.contributor.author | TRIANA, Marisa | - |
dc.date.accessioned | 2016-08-10T03:27:12Z | - |
dc.date.available | 2016-08-10T03:27:12Z | - |
dc.date.issued | 2016-08-10 | - |
dc.identifier.nim | NIM120210402102 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76204 | - |
dc.description.abstract | Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Adapun data yang dibutuhkan berupa kata-kata yang membentuk rangkaian cerita Bubuksah Gagang Aking yang didapatkan dari tuturan lisan ketiga informan, buku, internet, serta gambar relief Candi Penataran yang berada di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Jawa Timur. Data tersebut didapatkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta transkripsi dan penerjemahan. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis sesuai dengan rumusan masalah melalui tahapan reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan tentang “Cerita Rakyat Bubuksah Gagang Aking di Blitar dan Pemanfaatannya untuk Pendidikan Karakter di SMA” maka dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat Bubuksah Gagang Aking di Blitar : (1) memiliki berbagai wujud atau versi dalam bentuk lisan, tulisan maupun gambar yang masingmasing memiliki persamaan dan perbedaan; (2) diwariskan secara lisan, melalui buku, internet dan relief Candi Penataran; (3) mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, menghargai prestasi orang lain, peduli lingkungan dan tanggung jawab; (4) dapat digunakan sebagai alternatif materi dalam pembelajaran sastra mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester II KTSP pada keterampilan mendengarkan. Standar Kompetensi (SK) yang terkait yaitu no. 13 Memahami cerita rakyat yang dituturkan. Kompetensi Dasar (KD) 13.1 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman. Bagi dunia pendidikan, hasil penelitian ini disarankan dapat dijadikan alternatif materi ajar kelas X semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bagi masyarakat, dapat membantu mengetahui berbagai cerita rakyat yang ada di Biltar secara khusus dan Indonesia secara umum, sedangkan bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi penelitian yang sejenis dan disarankan untuk meneliti cerita rakyat yang berkaitan dengan fungsi cerita rakyat bagi masyarakat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210402102; | - |
dc.subject | BUBUKSAH GAGANG AKING | en_US |
dc.subject | PENDIDIKAN KARAKTER | en_US |
dc.title | CERITA RAKYAT BUBUKSAH GAGANG AKING DI BLITAR DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Marisa Triana - 120210402102 -1.pdf | 2.99 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools