Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76160
Title: | Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII H Semester Ganjil SMPN 7 Jember Tahun Ajaran 2015/2016 |
Authors: | Hobri Susi Setiawani M. Syaifurrizal Hobri Susi Setiawani |
Keywords: | Model Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Model pembelajaran berbasis masalah atau dikenal dengan Problem Based Instruction (PBI) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga menyelidiki. Adapun langkah – langkah dalam model pembelajaran ini adalah mengarahkan siswa kepada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu independent dan group investigation, mengembangkan dan mempresentasikan artifact dan exhibits, serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. penelitian ini menggunakan dua siklus, yang masing- masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan relfleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengadaptasi model penelitian tindakan Hopkins, yang setiap siklusnya terdiri dari empat fase atau tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi kemudian diikuti siklus berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 56,8%, 19 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 93,18%, 3 siswa yang tidak tuntas. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76160 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MUKHAMAD SYAIFUR RIZAL.odt | 270.19 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.