Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76156
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMohammad Naim-
dc.contributor.advisorKayan Swastika-
dc.contributor.authorMuhammad Khoirul Umam-
dc.contributor.authorMohammad Naim-
dc.contributor.authorKayan Swastika-
dc.date.accessioned2016-08-10T02:00:20Z-
dc.date.available2016-08-10T02:00:20Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76156-
dc.description.abstractPembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 diharapkan menjadi mata pelajaran yang dapat membentuk pengetahuan peserta didik. Peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Faktanya yang terjadi di lapangan peserta didik saat pembelajaran berlangsung cenderung pasif. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam memilih metode pembelajaran oleh pendidik yang masih menggunakan pembelajaran konvensional yang berdampak terhadap aktivitas dan hasil belajar belum mencapai ketuntasan yang diharapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan metode proyek dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Rambipuji dengan menerapkan metode proyek pada mata pelajaran sejarah. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Januari sampai bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Rambipuji dengan jumlah 31 peserta didik. Pengumpulan data penelitan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas peserta didik pada siklus 1 indikator 1 memperoleh hasil 35,48%, indikator 2 45,16%, indikator 3 9,68%, dan indikator 4 25,81%. pada siklus 2 indikator 1 memperoleh hasil 48, 39%, indikator 2 54,84%, indikator 3 35,48%, dan indikator 4 45,16%. pada siklus 3 indikator 1 memperoleh hasil 51,61%, indikator 2 58,06%, indikator 3 41,93%, dan indikator 4 45,16%. Hasil belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh hasil sebesar 51,61%, pada siklus 2 meningkat 19,35% menjadi 80,64%, pada siklus 3 meningkat 6,45% menjadi 87,09%. berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Rambipuji.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode Proyek , aktivitas Belajar Peserta Didik, Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODE PROYEK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHAMMAD KHOIRUL UMAM.odt290.98 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.