Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76140
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorImam Muchtar-
dc.contributor.advisorSihono-
dc.contributor.authorMochammad Suryadi Airlangga-
dc.contributor.authorImam Muchtar-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2016-08-10T01:02:56Z-
dc.date.available2016-08-10T01:02:56Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76140-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan pada tema “cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan adalah cara membelajarkan siswa dengan menghadirkan suatu materi dalam dunia cerita secara berkelompok menggunakan boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 61% yang dikriteriakan cukup aktif dan meningkat menjadi 66% yang dikriteriakn cukup aktif pada siklus I dan 84% yang dikriteriakan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 68 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 82 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II. Hasil belajar afektif pada tahap prasiklus sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 65 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 79 yang dikriteriakan baik pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik pada tahap prasiklus sebesar 74 yang dikriteriakan baik dan meningkat menjadi 75 yang dikriteriakan baik pada siklus I dan 83 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus IIen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOCHAMMAD SURYADI AIRLANGGA.odt272.16 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.