Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76100
Title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 05 JEMBER
Authors: SIHONO
FITRIYAH, Chumi Zahroul
FOURYZA, Darin
Keywords: MAKE A MATCH
HASIL BELAJAR PKn
Issue Date: 9-Aug-2016
Series/Report no.: 120210204152;
Abstract: Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil tersebut diperoleh dari penghitungan uji-t menggunakan SPSS versi 18.00 dengan taraf signifikansi 5%, dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar (pre-test – post-test). Penghitungan pada uji-t tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,992, dan selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel, db = 56, pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel = 2,0126. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (2,992 > 2,0126), sehingga ditolak dan diterima. Selain dilakukan uji statistik terhadap hasil thitung dan ttabel, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER). Hasil dari penghitungan tersebut, diperoleh ER sebesar 31,69. Saran dalam penelitian ini adalah: 1) guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk membantu siswa memahami semua materi pelajaran pada setiap proses pembelajaran, 2) guru harus tegas dan jelas dalam memberikan instruksi pada setiap aktivitas belajar yang akan dialami oleh siswa, dan 3) perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dapat diterapkan serta memberikan pengaruh yang lebih baik lagi pada hasil belajar mata pelajaran yang lain.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76100
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Darin Fouryza - 120210204152 -1.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools