Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76072
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI TEKNIK MOZAIK DI TK DHARMA WANITA TUNAS HARAPAN BANGSA KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Authors: A Latief, Misno
Yulianti, Nanik
Handayani, Koyumi
Keywords: Motorik halus
Teknik mozaik
Anak Taman Kanak Kanak
Issue Date: 9-Aug-2016
Abstract: Pemilihan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran motorik halus diperlukan agar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Selain strategi yang tepat, penggunaan media yang menarik akan membuat anak-anak tidak cepat bosan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa tahun pelajaran 2015/2016, diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok B masih rendah. Sebanyak 10 dari 14 anak memiliki kemampuan motorik halus rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif. Guru masih berfokus pada pemberian tugas yang ada di dalam majalah dan anak cepat merasa bosan. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan dengan menggunakan teknik mozaik yang lebih menarik untuk anak. Berdasakan latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik mozaik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016, serta bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B melalui penggunaan mozaik di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan teknik mozaik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016, serta meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B melalui penggunaan mozaik di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Banga Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun pelajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes perbuatan. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus, dengan menerapkan teknik mozaik di dalam pembelajaran motorik halus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik mozaik terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak. Aktivitas belajar anak di dalam kelas mempengaruhi kemampuan motorik halus anak, aktivitas yang dinilai berdasarkan observasi berbanding lurus dengan hasil belajar anak, hal ini dapat dilihat melalui nilai aktivitas anak dan hasil belajar, nilai aktivitas anak pada siklus I adalah 76,98 masuk pada kualifikasi baik, hasil belajar anak dengan nilai ratarata 73,80 masuk pada kualifikasi baik, dan pada siklus II terjadi peningkatan nilai aktivitas anak yaitu meningkat menjadi 84,14 masuk pada kualifikasi sangat baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan motorik halus anak pada siklus II menjadi 85,11 dengan kualifikasi sangat baik, Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik mozaik di dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan menjelaskan materi pembelajaran dan anak-anak membuat mozaik menggunakan potongan kertas berwarna, sedangkan pada siklus II anak-anak membuat mozaik menggunakan bijibijian. Saran yang dapat disampaikan yaitu, sebaiknya teknik mozaik dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pihak sekolah atau kepala sekolah hendaknya memfasilitasi media yang dibutuhkan dalam menerapkan teknik mozaik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76072
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Koyumi Handayani - 120210205057.pdf2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools