Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76055
Title: ANALISIS BUKU MATEMATIKA KELAS IX KURIKULUM 2013 BERDASARKAN KESESUAIANNYA DENGAN MATERI MATEMATIKA MENURUT KRITERIA BELL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Authors: DAFIK
SLAMIN
FAJRIATIN, Alfin
Keywords: BUKU MATEMATIKA
KRITERIA BELL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Issue Date: 9-Aug-2016
Series/Report no.: 140220101012;
Abstract: Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Matematika kelas IX Kurikulum 2013 terbitan tahun 2015 berdasarkan materi matematika menurut Kriteria Bell dan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian buku dengan materi matematika menurut Kriteria Bell dan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif (descriptive research) adalah penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Materi yang dianalisis adalah keseluruhan materi yang terdapat di dalam buku siswa matematika tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode analisis dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan centang untuk menganalisis berdasarkan materi matematika menurut Kriteria Bell dan penskoran untuk menganalisis data berdasarkan kesesuaiannya dengan pendekatan saintifik. Setelah itu masing-masing data akan direpresentasikan dengan persentase untuk masing-masing kesesuaian pada setiap babnya. Dari hasil analisis buku berdasarkan materi matematika menurut Kriteria Bell diperoleh kesimpulan bahwa materi pada Bab I yaitu perpangkatan dan bentuk akar persetase kesesuaiannya adalah 83%, untuk Bab II pola, barisan dan deret bilangan 83%, untuk Bab III perbandingan bertingkat 79%, untuk Bab IV kekongruenan dan kesebangunan 79%, untuk Bab V bangun ruang sisi lengkung 83%, dan untuk Bab VI yaitu statistika persentase kesesuaiannya adalah 83%. Sedangkan hasil analisis buku berdasarkan pendekatan saintifik diperoleh kesimpulan bahwa materi Bab I yaitu perpangkatan dan bentuk akar persetase kesesuaiannya adalah 68%, untuk Bab II pola, barisan dan deret bilangan 96,7%, untuk Bab III perbandingan bertingkat 50%, untuk Bab IV kekongruenan dan kesebangunan 47,5%, untuk Bab V bangun ruang sisi lengkung 26,7%, dan untuk Bab VI yaitu statistika persentase kesesuaiannya adalah 60%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76055
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alfin Fajriatin - 140220101012 -1.pdf667.06 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools