Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76038
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember
Authors: Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Maylita Dwi Lailawati
Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Gambar
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah Sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 25 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember. Pada pra siklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 63,23% meningkat menjadi 74,17% pada siklus I dan 82,30% pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,92% meningkat menjadi 73,10% pada siklus I dan 83,07% pada siklus II.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76038
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MAYLITA DWI LAILAWATI.odt292.52 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.