Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76009
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Joyfull Learning pada Sub Pokok Bahasan Segitiga untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP
Authors: Hobri
Nurcholif Diah Sri Lestari
Loviga Denny Pratama
Hobri
Nurcholif Diah Sri Lestari
Keywords: Pengembangan, Joyfull Learning, valid, praktis, efektif
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Pengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan Joyfull Learning pada sub pokok bahasan Segitiga bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil kelayakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan berdasarkan pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan meliputi tujuh tahap yaitu pengumpulan informasi (research and information collecting), melakukan perencanaan (planning), pengembangan produk awal (develop preliminary form of product), uji terbatas/uji kelompok kecil (preliminary field testing), revisi hasil uji terbatas (main product revision), uji lapangan/uji kelompok besar (main field testing), revisi hasil uji kelompok besar (operational product revision). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data, studi dikategorikan lebih baik dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dari analisis THB terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata kenaikan nilai sebesar 49. selain itu juga mengalami peningkatan motivasi pada aspek attention sebesar 0,98; relevance 0,93; confidence 0,96; satisfaction 1,51.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76009
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LOVIGA DENNY PRATAMA.odt257.45 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.