Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75999
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorKhutobah-
dc.contributor.authorLika Intan Riskiani-
dc.contributor.authorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorKhutobah-
dc.date.accessioned2016-08-08T07:19:06Z-
dc.date.available2016-08-08T07:19:06Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75999-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum mampu mengembangkan ide karangan dengan memilih kosakata yang benar, menggunakan ejaan, huruf kapital serta tanda baca baca yang tepat, menentukan topik dan judul karangan, penguasaan isi karangan sesuai dengan topik, dan cara menyusun karangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah media lagu anak-anak yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan serta untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media lagu anak-anak. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa prasilkus (60,46), pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu menjadi (65,57) sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu menjadi (74,8). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media lagu anak-anak dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan menulis karangan, media lagu anak-anak, penelitian tindakan kelas.en_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Lagu Anak-anak Pada Siswa Kelas III SDN 9 Barurejo Siliragung Banyuwangien_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LIKA INTAN RISKIANI.odt263.11 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.