Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75923
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuryadi-
dc.contributor.advisorWitcahyo, Eri-
dc.contributor.authorNORMARTIKA, Iffah-
dc.date.accessioned2016-08-08T02:31:00Z-
dc.date.available2016-08-08T02:31:00Z-
dc.date.issued2016-08-08-
dc.identifier.nim132110101205-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75923-
dc.description.abstractDalam pelaksanaannya, JKN menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) BPJS Kesehatan. Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk mengakomodir kebutuhan integrasi dengan stakeholder, dukungan business operation, dan layanan informasi data untuk stakeholder terkait. Di awal tahun 2014 lalu, hampir seluruh Puskesmas di Indonesia telah dikenalkan dengan aplikasi P-Care dan setiap Puskesmas dibekali dengan modul/manual kerja penggunaan P-Care yang mempunyai 2 fungsi besar, yaitu Pendaftaran Pasien dan Pelayanan Pasien. Hasil survey studi pendahuluan pada aplikasi P-Care terhadap 49 puskesmas di Kabupaten Jember yang sudah menerapkan aplikasi P-Care, bahwa Puskesmas yang menunjukkan keterlambatan pengisian diagnosa P-Care terbanyak adalah Puskesmas Ambulu. Berdasarkan data dari aplikasi P-Care (2014), keterlambatan pengisian diagnosa dari bulan Maret tahun 2014 sampai dengan Februari tahun 2015 yaitu bulan Maret sampai dengan Mei tahun 2014 terdapat 21%, bulan Juni sampai dengan Agustus tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 37%, bulan September-November tahun 2014 meningkat menjadi 41,6%, bulan Desember tahun 2014 sampai dengan Februari tahun 2015 meningkat kembali menjadi 74,3%. Faktor penyebab dari keterlambatan pengisian diagnosa P-Care berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan salah satu staf di Puskesmas Ambulu Kabupaten Jember, bahwa Puskesmas Ambulu belum mengembangkan SOP Pendaftaran Pasien, Pengisian Diagnosa Website P-Care, dan Rujukan Pasien BPJS. Penyusunan SOP ini dilakukan agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengisian diagnosa oleh tenaga kesehatan dan dapat mengerjakan sesuaien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStandard Operating Procedure (SOP)en_US
dc.subjectDiagnosa Website P-Careen_US
dc.subjectBPJSen_US
dc.titlePENGEMBANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENDAFTARAN PASIEN, PENGISIAN DIAGNOSA WEBSITE P-CARE, DAN RUJUKAN PASIEN BPJS (Studi Kasus di Puskesmas Ambulu Kabupaten Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Public Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iffah N. - 132110101205 -1.pdf4.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools