Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75738
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) MELALUI LESSON STUDY TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)
Authors: Suratno
Mudakir, Imam
SUENDI, Dea Ajeng Pravita
Keywords: LEARNING START WITH A QUESTION
Issue Date: 4-Aug-2016
Abstract: Suasana belajar aktif dapat tercipta apabila siswa mampu mempersiapkan diri sebelum menerima materi pelajaran serta mampu membuat pertanyaan sebelum ada penjelasan dari guru. Salah satu cara menciptakan suasana belajar aktif dalam kelas adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ). Strategi pembelajaran LSQ yaitu salah satu strategi pembelajaran yang menekankan siswa mampu bertanya sebelum ada penjelasan dari guru. Dengan bertanya artinya siswa mampu menyadari bagian dari bacaan yang belum dipahami sehingga menimbulkan pertanyaan dengan begitu siswa sadar dengan proses dan pencapaiannya, inilah yang berhubungan dengan metakognisi siswa. Dalam meningkatkan metakognisi sehingga siswa mampu bertanya dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran LSQ perlu diringi suatu program tertentu yang sistematis dan guru bekerjasama secara kolaboratif dalam mengevaluasi siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar yaitu dengan melaksanakan lesson study. Dengan begitu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh strategi pembelajaran LSQ melaluil lesson study terhadap metakognisi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study terhadap metakognisi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental pada kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan XI IPA 1 (kelas kontrol) di MAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengukuran metakognisi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa, keduanya dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Sedangkan hasil belajar afektif dianalisis menggunakan uji T-Test. Penelitian terjun di kelas dilaksanakan mulai tanggal 21 Maret sampai 31 Maret 2016 dan diperoleh hasil pada strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study berpengaruh terhadap metakognisi siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (P= 0,000<0,05) dengan rerata kelas eksperimen sebesar 11 dan kelas kontrol sebesar 4. Strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (p=0,000<0,05) dengan rerata kelas eksperimen sebesar 40,5 dan kelas kontrol sebesar 23,48. Strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (p=0,000<0,05) dengan rerata kelas eksperimen sebesar 89,63 dan kelas kontrol sebesar 69,29. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study berpengaruh secara signifikan terhadap metakognisi dan hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Sebelum melaksanakan strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study, siswa sebaiknya diberikan arahan awal mengenai gambaran secara umum mengenai strategi tersebut sehingga pada saat penerapan strategi pembelajaran siswa tidak mengalami kendala dan proses diskusi berjalan dengan optimal. Seharusnya lebih efisien waktu dalam penerapan strategi tersebut sehingga tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan dengan begitu proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan mengenai penerapan strategi pembelajaran LSQ melalui lesson study, dapat berperan efektif pada materi dan mata pelajaran lain serta mengembangkan kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa di dalam kelas sebagaimana hasil yang diperoleh dari penelitian ini.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75738
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dea Ajeng- 120210103096 -1.pdf2.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools