Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75597
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHari P, Bambang-
dc.contributor.advisorMutrofin-
dc.contributor.authorWidyawati, Taurisia-
dc.date.accessioned2016-08-01T08:04:46Z-
dc.date.available2016-08-01T08:04:46Z-
dc.date.issued2016-08-01-
dc.identifier.nim970210301042-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75597-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan memecahkan masalah pokok yaitu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Ill C SLTP Islam walisongo Sooko Mojokerto tahun Pelajaran 2001/2002. Sebab diketahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas III C SLTP Islam Walisongo Sooko Mojokerto, cenderung mengalami penurunan, Salah satu penyebabnya adalah pemilihan metode mengajar yang kurang tepat dengan konsep atau sub konsep yang disampaikan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas, Adapun Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terstruktur dengan menggunakan format yang telah ditentukan untuk mengetahui sejauh mana para siswa terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini tritmen (perlakuan yang digunakan) adalah metode diskusi kelas jenis Buzz-group, penerapan metode tersebut diharapkan berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu menemukan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C yang berjumlah 35 siswa. Penentuan subjek ini dikarenakan kelas III C merupakan kelas yang paling rendah perolehan nilai hasil belajamya dan pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III C. Terbukti sebelum diberi tindakan kelas ketuntasan belajar klasikal 74,3% namun setelah dilaksanakan tindakan kelas meningkat menjadi 85,7%, Rata-rata nilai ulangan harian sebelum diberi tindakan = 58,11; setelah tindakan kelas meningkat menjadi 71,99. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan metode diskusi kelas dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHasiI Belajaren_US
dc.subjectMetode Diskusi Kelasen_US
dc.titleDENGAN METODE DISKUSI KELAS PADA KELAS III C CAWU II SLTP ISLAM WALISONGO BRANGKAL SODKO MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2001 / 2002en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Faurisia Widyawati 970210301042_.pdf12.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools