Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75081
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAgus Abdul Gani-
dc.contributor.advisorYushardi-
dc.contributor.authorFaya Riyaningsih-
dc.contributor.authorYushardi-
dc.contributor.authorAgus Abdul Gani-
dc.date.accessioned2016-06-27T02:43:41Z-
dc.date.available2016-06-27T02:43:41Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75081-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII di MTs Negeri Jember 1 dan sampelnya adalah siswa kelas VII B sebagai  kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi di sekolah, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisa data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil aktivitas belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed)  adalah 0.000. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000, (2) hasil  belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed)  adalah 0.000. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel problem based learning, teknik concept mapping, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GAMBAR DISERTAI TEKNIK CONCEPT MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI Mts (Studi pada Kelas VII MTs Negeri Jember 1)en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAYA RIYANINGSIH.odt264.03 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.