Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74742
Title: | PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM SARAF KELAS 2 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2003-2004 DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBER |
Authors: | Hariyadi, Slamet Suratno Mujiati |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe STAD aktivitas siswa prestasi belajar siswa sistem saraf |
Issue Date: | 13-Jun-2016 |
Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Responden penelitian adalah siswa kelas 2A SMPN 2 Rambipuji. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada tes pendahuluan ketuntasan klasikal sebesar 36,58%, dan tes I mencapai 73,11%, tes II sebesar 85,36%, dan tes Ill mencapai 90,24%. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,36%, siklus II sebesar 71,54%, dan siklus III sebesar 82,32%, sehingga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi kelas 2 semester 2 khususnya pada konsep sistem saraf. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74742 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mujiati 99-3151_.pdf | 26.29 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools