Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74742
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM SARAF KELAS 2 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2003-2004 DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBER
Authors: Hariyadi, Slamet
Suratno
Mujiati
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD
aktivitas siswa
prestasi belajar siswa
sistem saraf
Issue Date: 13-Jun-2016
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Responden penelitian adalah siswa kelas 2A SMPN 2 Rambipuji. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada tes pendahuluan ketuntasan klasikal sebesar 36,58%, dan tes I mencapai 73,11%, tes II sebesar 85,36%, dan tes Ill mencapai 90,24%. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,36%, siklus II sebesar 71,54%, dan siklus III sebesar 82,32%, sehingga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi kelas 2 semester 2 khususnya pada konsep sistem saraf.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74742
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mujiati 99-3151_.pdf26.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools