Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74500
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA KELAS VII, VIII, & IX SMP/MTs BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Authors: Hobri
Susanto
Keywords: pengembangan
LKS
scientific approach
kurikulum 13
Issue Date: 3-Jun-2016
Publisher: FKIP - 2015
Series/Report no.: Hibah Bersaing;2015
Abstract: Penerapan kurikulum 2013 terus disempurnakan. Pengembangan perangkat, termasuk bahan ajar (buku pegangan siswa dan guru) untuk semua mata pelajaran dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Namun demikian, masih banyak yang harus dikembangkan dan disempurnakan sebagai pendukung pelaksanaannya, salah satunya adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Keberadaan LKS harus merupakan pengejewantahan dari konsep scientific approach. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan ini adalah diperolehnya LKS dengan pendekatan scientific approach. Secara khusus, penelitian ini akan menghasilkan LKS berbasis scientific approach yang valid, reliabel, dan praktis. LKS yang dikembangkan mengandung 5 tahapan, yaitu : (1) mengamati, (2) menanya, (3) menganalisis, (4) mencoba, dan (5) mengkomunikasikan atau membentuk jejaring. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk, yang proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Plomp, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Adapun fase-fase pengembangan model Plomp dalam penelitian ini adalah : (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada fase investigasi awal, dikaji tentang : kurikulum 2013, karakteristik anak SMP, metode scientific approach, teori LKS, dan instrumen penelitian. Pada fase perancangan dan realisasi, dilakukan : pemilihan model dan rancangan LKS sesuai dengan pendekatan scientific approach sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, kemudian direalisasikan dan dianalisis. Pengembangan ditujukan untuk seluruh kelas (VI, VII, dan IX) SMP/MTs. Tahapan ini dilakukan pada tahun pertama. Untuk tahun kedua, dilakukan ujicoba produk di beberapa sekolah SMP/MTs negeri dan swasta di Kabupaten Jember. LKPD yang dikembangkan terdiri dari 5 tahapan yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, untuk kelas VII, VIII, and IX SMP/MTs. LKPD dianalisis oleh 5 orang , 3 dosen (experts) and 2 guru (practitioners). Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D), dengan menggunakan model Plomp. Tahapan penelitian berada pada tahapan validasi oleh experts and practitioners. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa secara umum penilaian LKPD sangat baik, iii dengan rincian bahwa: (1) untuk pengorganisasian LKPD, termasuk tata letak key word, penamaan kelompok, tujuan, dan petunjuk siswa, dalam kategori baik. (2) langkah-langkah 5M phase, meliputi : mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, juga sangat baik, dan (3) penyajian masalah atau pertanyaan, kesesuaian dengan kata kunci dan tujuan, penggunaaaan masalah nyata dalam bentuk soal cerita, keterbacaan LKPD, bahasa, dan integrasinya dengan 5M mempunyai skor penilaian yang sangat baik.
Description: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember Telepon 0331 337818
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74500
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporan_akhir_HB_Hobri_2015.pdf4.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.