Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74427
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuhtadi Irvan-
dc.contributor.advisorYayuk Mardiati-
dc.contributor.authorErmi Herawati-
dc.contributor.authorYayuk Mardiati-
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan-
dc.date.accessioned2016-06-01T08:18:32Z-
dc.date.available2016-06-01T08:18:32Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74427-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDIT Nurul Anshar Situbondo dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament Hal ini dikarenakan di SDIT Nurul Anshar terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena kurang bervariasinya model pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model kooperatif ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDIT Nurul Anshar mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 19%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDIT Nurul Anshar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel kooperatif, aktivitas belajar, hasil belajar, kerajaan, Hindu Buddha.en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN HINDU BUDDHA DI INDONESIA DI SDIT NURUL ANSHAR SITUBONDOen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERMI HERAWATI.odt261.91 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.