Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74426
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Imam Muchtar | - |
dc.contributor.advisor | Rahayu | - |
dc.contributor.author | Enis Ardiawati | - |
dc.contributor.author | Imam Muchtar | - |
dc.contributor.author | Rahayu | - |
dc.date.accessioned | 2016-06-01T08:15:05Z | - |
dc.date.available | 2016-06-01T08:15:05Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74426 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Tema Cita-citaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada prasiklus 61,87 menjadi 71,04 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,21. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus yaitu 64,15 menjadi 78,08 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,79. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian sikap) siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 61,25 menjadi 64,58, sedangkan pada siklus 2 menjadi 77,7. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) pada siklus I mengalami peningkatan dari pras siklus ke siklus I yaitu 76,87 menjadi 80,15, sedangkan pada siklus 2 menjadi 83,28. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD , aktivitas belajar, hasil belajar. | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN Kebonsari 01 Jember | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ENIS ARDIAWATI.odt | 272.28 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.