Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74413
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuharto-
dc.contributor.advisorArika Indah K.-
dc.contributor.authorEka Septiana Puspitha sari-
dc.contributor.authorSuharto-
dc.contributor.authorArika Indah K.-
dc.date.accessioned2016-06-01T07:25:33Z-
dc.date.available2016-06-01T07:25:33Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74413-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah (1) menelaah proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas X SMK; (2) menelaah hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas X SMK. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tempat uji coba penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Jember pada kelas X TPB 2 yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses dan hasil pengembangan adalah (1) proses pengembangan menggunakan model Plomp dengan 5 fase; (2) hasil pengembangan yaitu uji kevalidan dari analisis lembar validasi diperoleh koefisien validasi RPP sebesar 0,93 dan LKS sebesar 0,94 dengan interpretasi sangat valid, uji kepraktisan dari analisis aktivitas guru diperoleh persentase pada pertemua pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 88,89% dan 96,29% dengan interpretasi baik dan sangat baik, dan uji keefektifan dari analisis aktivitas siswa, Tes Hasil Belajar (THB), dan analisis angket respon siswa dengan hasil efektif. Berdasarkan hasil dari pengembangan perangkat ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) telah memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPengembangan , Perangkat, CLT, SPLDVen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas X SMKen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EKA SEPTIANA PUSPITHA SARI.odt254.68 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.