Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74381
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sunardi | - |
dc.contributor.advisor | Titik Sugiarti | - |
dc.contributor.author | Diana Setia Rahayu | - |
dc.contributor.author | Sunardi | - |
dc.contributor.author | Titik Sugiarti | - |
dc.date.accessioned | 2016-06-01T02:05:27Z | - |
dc.date.available | 2016-06-01T02:05:27Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74381 | - |
dc.description.abstract | Objek matematika adalah abstrak, sedangkan tingkat berpikir siswa sekolah dasar masih pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran matematika akan berhasil jika pembelajarannya menggunakan hal-hal yang konkrit atau sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa. Hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03 masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi komponen kerucut, tabung, prisma tegak dan limas siswa kelas V SDN Kamal 03 dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat dari 63,4 pada siklus I menjadi 67 pada siklus II dan persentase skor aktivitas siswa juga meningkat dari 62,7% pada silus I menjadi 76,3% pada siklus II. Selain itu persentase skor aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik juga mengalami peningkatan dari 71,2% pada siklus I menjadi 84,9% pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa, komponen kerucut, tabung, prisma tegak dan limas, pembelajaran matematika realistik. | en_US |
dc.title | Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Komponen Kerucut, Tabung, Prisma Tegak dan Limas Siswa Kelas V SDN Kamal 03 Tahun Ajaran 2015/2016 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DIANA SETIA RAHAYU.odt | 256.35 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.