Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74381
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSunardi-
dc.contributor.advisorTitik Sugiarti-
dc.contributor.authorDiana Setia Rahayu-
dc.contributor.authorSunardi-
dc.contributor.authorTitik Sugiarti-
dc.date.accessioned2016-06-01T02:05:27Z-
dc.date.available2016-06-01T02:05:27Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74381-
dc.description.abstractObjek matematika adalah abstrak, sedangkan tingkat berpikir siswa sekolah dasar masih pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran matematika akan berhasil jika pembelajarannya menggunakan hal-hal yang konkrit atau sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa. Hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03 masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi komponen kerucut, tabung, prisma tegak dan limas siswa kelas V SDN Kamal 03 dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat dari 63,4 pada siklus I menjadi 67 pada siklus II dan persentase skor aktivitas siswa juga meningkat dari 62,7% pada silus I menjadi 76,3% pada siklus II. Selain itu persentase skor aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik juga mengalami peningkatan dari 71,2% pada siklus I menjadi 84,9% pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecthasil belajar siswa, komponen kerucut, tabung, prisma tegak dan limas, pembelajaran matematika realistik.en_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Komponen Kerucut, Tabung, Prisma Tegak dan Limas Siswa Kelas V SDN Kamal 03 Tahun Ajaran 2015/2016en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DIANA SETIA RAHAYU.odt256.35 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.